Penyebab Utama Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya

 Penyebab Utama Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya (Cekidot)


1. Sindrom Iritasi Usus Atau yang biasa di sebut (IBS)

Iritasi pada Usus dapat menjadi salah satu penyebab perut kembung, jika kembung yang dirasakan sudah berlangsung lama dan gejala disertai dengan rasa sakit, sembelit dan atau diare.

Kondisi usus pada umumnya, IBS adalah gangguan fungsional yang berarti tidak ada yang salah dengan struktur dari usus itu sendiri, tetapi cara kerja usus tidak normal.

Seperti dilansir Mirror, Peter Whorwell, professor kedokteran gastroenterology di Universitas Manchester, mengatakan, "Kita berpikir usus sangatlah sensiti pada penderita IBS sehingga itu merupakan proses normal yang menyebabkan berbagai gejala."

Kembung adalah salah satu efek samping IBS yang paling mengganggu. Beberapa wanita mencoba berbagai macam ukuran gaun dan bahkan membutuhkan baju yang berbeda tergantung pada kembung atau tidaknya perut.

Bahkan kebanyakan penderita perut kembung cenderung memburuk ketika menjelang malam, nah hal semacam inilah yang sangat mengganggu kehidupan sosial Anda. Tidak ada penyembuh untuk IBS, tapi Anda dapat mengatur gejalanya.

Berhenti konsumsi serat sereal dapat menghilangkan gejala perut kembung antara 30% dan 40% pada sebagian besar penderita. Ini artinya kita harus menghindari roti gandum, oat, bar sereal dan semua sereal sarapan, kecuali roti putih, kue, dan biskuit.

Cobalah lakukan hal ini selama tiga bulan untuk melihat hasilnya. Minuman probiotik dapat membantu menghilangkan gejala. Yogurt Activia, dapat menjadi minuman yang berguna untuk membantu penderita IBS.

2. Perut Kembung

Hal ini dapat menjadi penyebab pasti jika Anda mengalami masuk angin, tapi jangan sampai tidak memperhatikan gejala lainnya. Kita semua pasti mengalami perut kembung dari waktu ke waktu, dan itu merupakan hal yang normal jika Anda mengalami hal tersebut bahkan sampai 15 kali sehari bahkan terkadang Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang kembung.

Sementara ini tidak ada obat untuk perut kembung berlebihan. Jika hal tersebut mengganggu Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan guna mengurangi rasa kembung.

Cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan karbohidrat tinggi yang tidak dapat diserap tubuh, brokoli, kol, buah prem dan apel, serta makanan yang mengandung gula pengganti sorbitol. karena cenderung sangat lamban dicerna dan dapat melepaskan sejumlah kecil gas belerang ketika melewati usus.

3. Penyakit Seliaka

Hal ini terjadi jika Anda sering merasakan lelah, kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas, Anda menderita sakit perut.

Penyakit seliaka adalah reaksi negatif terhadap gluten yang ditemukan dalam gandum, dan semua makanan yang mengandung gluten, serta pasta, roti, gravi dan saus.

Ini merupakan kondisi autoimun di mana tubuh justru menjadikan gluten sebagai ancaman dan menyerangnya, sehingga mengakibatkan bahaya pada lapisan usus kecil, yang kemudian mengakibatkan kemampuan Anda dalam menyerap nutrisi dari makanan.

Biasanya hal ini ditemukan pada anak-anak, tapi kini orang dewasa dapat terdiagnosa pada umur paruh baya. Jika Anda memiliki gejala seperti ini, temui dokter Anda dan mintalah untuk melakukan tes darah untuk melihat apakah ada penyakit seliaka pada tubuh.

4. Penyakit Kembung Hormonal

Anda mungkin merasakan kembung ketika Anda memasuki masa pra-mentruasi atau di bulan-bulan awal kehamilan. Selama kehamilan, dan sebelum mestruasi, level hormon progesterone meningkat.

Hal ini dapat memperlambat motilitas atau pergerakan usus, yang berarti makanan melewati tubuh lebih lamban dan menyebabkan kembung dan memungkinkan terjadinya sembelit.

Tapi Anda dapat menghilangkan kembung, dengan melakukan olah raga. Olah raga dapat meningkatkan pergerakan usus dan berjalan 30 menit sehari dapat memberikan rasa yang berbeda.

Selain itu minum banyak cairan dan makan banyak buah, sayuran dan gandum untuk menghindari sembelit.

5. Kanker Ovarium

Kembung terus menerus dan Anda memiliki gejala lain seperti perasan kenyang yang bertahan lama dan sakit perut. Gejala kanker ovarium terasa samar-samar, itulah mengapa penyakit ini sering terdiagnosa ketika sudah sulit untuk diobati, jadi penting untuk memperhatikan tanda-tanda yang potensial.

Gejala utama adalah kembung yang terus menerus dan meningkatnya ukuran perut. Berhati-hati terhadap frekuensi sakit pada perut, dan kurangnya nafsu makan dan gejala yang terlihat pada kemih (Harus sangat di waspadai)
.

Sekian Info Dari Saya Semoga Membantu

No comments:

Post a Comment

Followers